Subscribe:

Ads 468x80px

Assalamualaikum wr. wb, Salam SuksesMulia...

Labels

Rabu, 21 Maret 2012

Tips Mengurangi Radiasi Ponsel

 Perkembangan ponsel sebagai alat komunikasi manusia saat ini sudah tidak dapat terelakkan lagi. Hal ini dibuktikan dengan munculnya beragam tipe dan jenis ponsel dengan beragam fitur yang semakin canggih. Namun, tahukah anda bahwa penggunaan ponsel yang terus menerus dapat meningkatkan bahaya radiasi untuk otak kita? Menurut riset yang dilakukan oleh Enviromental Working Group (EWG) beberapa jenis ponsel memiliki tingkat radiasi tinggi yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada manusia. Untuk itu, berikut ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mengurangi bahaya radiasi ponsel:
1. Membeli Ponsel dengan Radiasi Rendah
Pertimbangkan untuk mengganti ponsel kamu dengan ponsel yang memancarkan radiasi terendah. Ponsel yang memiliki tingkat radiasi yang rendah dapat meminimalisir kamu dari bahaya jangka panjang radiasi ponsel.
2. Gunakan Headset atau Speaker
Menggunakan headset atau speaker phone pada saat berbicara lebih baik karena headset memancarkan radiasi jauh lebih kecil daripada ponsel dan mengurangi radiasi ke kepala.
3. Lebih Banyak Dengar Daripada Bicara
Ponsel akan memancarkan radiasi ketika kamu berbicara dibanding pada saat kamu menerima pesan. Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara akan mengurangi terpaan radiasi yang dikirimkan oleh ponsel kamu.
4. Jauhkan Ponsel Dari Tubuh Kamu
Pegang telepon sejauh dari badan ketika kamu sedang berbicara (dengan headset atau speaker), jangan terlalu dekat dengan telinga anda, jangan letakkan didalam saku, kantong celana, sabuk atau daerah sekitar tubuh yang dapat menyerap radiasi.
5. Pilih Texting (SMS/BBM) Daripada Berbicara
Ponsel menggunakan lebih sedikit power dan juga radiasi untuk mengirim SMS teks daripada suara/voice. Untuk itu lebih baik pilih texting (SMS/BBM) daripada berbicara melalui ponsel.
6. Jangan Gunakan Ponsel Pada Saat Sinyal Lemah
Ponsel akan memancarkan radiasi ekstra pada saat sinyal ponsel kamu berada dalam keadaan bar rendah atau lemah. Maka usahakan gunakan ponsel untuk berbicara hanya pada saat sinyal kuat.
7. Batasi Penggunaan Ponsel Pada Anak-Anak
Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali lipat dibanding dengan orang dewasa. EWG bersama Lembaga kesehatan lainnya di 6 negara merekomendasikan pembatasan penggunaan ponsel untuk anak-anak hanya pada saat situasi darurat saja.
8. Jangan Gunakan “Radiasi Shield”
Penutup Radiasi seperti penutup antena atau keypad justru akan mengurangi kualitas koneksi sinyal dan akan memaksa ponsel untuk mengirimkan data dengan power maksimal dan radiasi yang lebih tinggi.
Itu beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi bahaya radiasi ponsel. Bagaimanapun canggihnya teknologi tetap kita harus memperhatikan baik buruknya untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat tipsnya :)
Comments
0 Comments

0 komentar: